Ayam Bakar Pedas Manis




Ini dia ayam bakar favoritku. Di buku sih ga disebutin kalo ini ayam bakar Ganthari. Tapi rasanya samaaa deh. Soale judul bukunya ‘Jajanan Jakarta’. Nah, ayam bakar di Jakarta yang terkenal kan Ganthari..apalagi ya yang laen? *mikir dulu..apa ya..?* Yang jelas rasanya itu lho..sama..
Alhamdulillah, setelah sekian lama mencari-cari resep ayam ini, akhirnya dapet juga. Akhirnya gue ada ‘andalan’ juga kalo diajakin barbeque. Hehe..siapa takuutt??
Trus hehe saking semangatnya memotret ayam bakar hasil karya sendiri ini, lupa deh ama sambal tomatnya. Soalnya yang bikin si Mba hehe..jadi sambalnya ga ikut ke potret.
Buat teman-teman yang mungkin blom pernah nyobain ayam bakar Ganthari, ini resep yang patut dicoba. Mungkin bisa dijadikan resep andalan untuk berdagang. Rasanya..aduuhh, enaakkk deh. Cobain yahh..
Makin banyak olesannya, makin sedap. Kulit ayamnya jangan dibuang ya. Apalagi dibakar beneran dengan arang. Wanginya..hmmm. Kalo gue cuma pake bakaran yang diatas kompor itu lho hehe itu aja udah enaakk :-)
Hari itu suamiku ampe makan siang 3 kali lho..yg pertama, di tempat meeting (jam 11 siang). Yang kedua, nyampe rumah (jam 12.15), liat ada ayam bakar, makan lagi. Yang ke tiga, (jam 3 sore) mampir ke rumah bentar, eh makan lagi..whoaaaa…
Ayam Bakar Pedas Manis

Source : Buku ‘Jajanan Jakarta’ dari Primarasa
Bahan :

1 ekor (800 gr) ayam

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdt merica bubuk

1 -2 sdt garam

2 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

± 500 ml air kelapa
Olesan :

50 gr cabai merah, potong-potong

3 siung bawang putih

½ sdt garam

2 sdm minyak goreng

2 sdm gula merah sisir

1 sdm kecap manis

200 ml air
Sambal tomat :

2 sdm minyak goreng

8 buah cabai merah, potong-potong

5 buah cabe rawit

3 butir bawang merah

1 buah tomat

2 sdt terasi bakar

1 sdt garam

2 sdt gula merah sisir
Cara membuat :
Potong-potong ayam menjadi 4 bagian. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, garam. Lumuri ayam dengan bumbu halus, sisihkan sedikitnya 30 menit agar bumbu meresap.
Taruh ayam dan bumbu perendam dalam wajan, tambahkan daun salam, dan serai. Tuangi air kelapa, masak hingga mendidih, kecilkan apinya. Tutup wajan, masak hingga air habis dan ayam matang. Jaga jangan sampai ayam hancur, angkat.
Olesan : Haluskan cabai merah, bawang putih, dan garam. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan gula merah, kecap manis, dan air. Masak hingga bumbu benar-benar matang, angkat.
Panaskan pemanggang di atas api, taruh ayam di atasnya. Panggang ayam sambil dibalik-balik dan diolesi bumbu olesan hingga harum dan berwarna kecoklatan, angkat.
Sambal tomat : panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan cabai merah, cabe rawit, bawang merah, tomat, dan terasi. Tumis hingga matang dan tomat lunak, angkat. Taruh diatas cobek, tambahkan garam dan gula merah, haluskan.
Taruh ayam bakar di atas piring saji, hidangkan selagi hangat dengan pelengkap sambal tomat.

0 komentar:

Posting Komentar

Últimos trabajos

Puedes usar esta parte del sidebar para mostrar tus últimos trabajos, crear una galería con tus imágenes de Flickr, insertar anuncios publicitarios o si lo deseas para añadir una breve descripción de tu sitio.

Enlaces

Etiquetas

Aquí puedes añadir una nube de tags o cualquier otra cosa que desees, como un bloque de anuncios, una galería de imágenes, tu perfil de usuario...